Jumat, 11 Desember 2009

Teacher... You Must Know It


"Bila siswa TIDAK BISA BELAJAR dengan cara guru MENGAJAR, maka guru harus belajar mengajar dengan cara siswa BISA BELAJAR"

Semua orang yakin bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Guru mempunyai peranan ganda sebagai pendidik, pengajar, sekaligus pembimbing bagi murid-muridnya.

Tugas guru yang utama sebagai pendidik adalah membantu mendewasakan anak, yaitu dewasa secara psikologis, sosial, dan moral. Guru menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi bagi para peserta didik dan lingkungannya. Selain itu, guru juga harus mampu mengambil keputusan secara mandiri (independent), terutama dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan pembentukan kompetensi, serta bertindak sesuai dengan kondisi peserta didik.

Guru sebagai pengajar mempunyai tugas untuk membantu perkembangan intelektual, afektif, dan psikomotor melalui penyampaian pengetahuan, pemecahan masalah, latihan-latihan, dan keterampilan. Guru sebagai pengajar dipandang sebagai ekspert, atau orang yang ahli dalam bidang ilmu yang diajarkan. Para siswa dan masyarakat menilai dan mengharapkan guru mengetahui dan menguasai segala hal tentang ilmu yang diajarkan.

Selain sebagai pendidik dan pengajar, guru juga mempunyai peran sebagai pembimbing. Perkembangan anak tidak selalu lancar, adakalanya lambat dan mungkin juga berhenti sama sekali. Oleh karena itu mereka memerlukan bantuan dan bimbingan dari guru. Sebagai pembimbing, guru perlu memiliki pemahaman yang seksama tentang para siswanya, memahami segala potensi dan kelemahannya, masalah dan kesulitan-kesulitannya, serta latar belakang siswa yang bersangkutan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, antara lain:
  • Kompetisi, guru berusaha untuk menciptakan persaingan di antara para siswa untuk meningkatkan prestasi belajar.
  • Tujuan yang jelas, semakin jelas tujuan yang ingin dicapai, maka makin besar pula motivasi siswa untuk melakukan suatu perbuatan
  • Mengadakan penilaian atau tes, karena pada umumnya semua siswa mau belajar dengan tujuan mau memperoleh nilai yang baik
  • Memberikan reward atau reinforcement pada saat siswa berhasil mencapai pretasi yang terbaik, karena dapat menumbuhkan rasa penghargaan dalam diri siswa yang bersangkutan.

Referensi:
Mulyasa, E. (2006). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prashnig, B. (2007). The power of learning styles (Nina Fauziah, Penerj.). Bandung: Kaifa.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar