Jumat, 11 Desember 2009

Important For Parents To Know

"Orangtua yang bijaksana dan memberikan perhatian besar, dapat membangkitkan kemauan belajar anak serta motivasi untuk mendapat prestasi belajar yang tinggi, baik di rumah maupun disekolah"

Keterkaitan orang tua dalam proses pembelajaran sangat penting, jika ada pekerjaan rumah yang tidak bisa dijawab, harusnya orang tua juga kreatif mencari dari buku yang lain atau pun membimbing anak mencarikan hal-hal yang lain sehingga dia merasa bahwa orang tuanya tidak sekadar memberikan uang jajan atau menyekolahkan dia, tetapi juga ikut meningkatkan kreativitas atau meningkatkan pendidikannya. Selama ini sebagian orang berpikir bahwa pendidikan itu hanya merupakan tanggung jawab sekolah. Oleh sebab itu, ketika orang tua memasukan anaknya ke sekolah, mereka seolah-olah berpikir bahwa masalah telah selesai. Padahal mereka lupa bahwa orang tua merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keberhasilan pendidikan itu sendiri.

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah berpergaruh positif pada hal-hal berikut, antara lain:
  • Membantu penumbuhan rasa percaya diri pada anak, dan rasa penghargaan terhadap diri
  • Meningkatkan pencapaian prestasi akademik yang baik
  • Meningkatkan hubungan orangtua-anak
  • Membantu orangtua bersikap positif terhadap sekolah
  • Menjadikan orangtua mempunyai pemahaman yang lebih baik terhadap proses pembelajaran di sekolah.
Pendidikan anak pada hakikatnya adalah tanggung jawab para orang tua. Oleh karena itu keterlibatan orang tua dalam mendukung sukses anak menuntut ilmu di sekolah merupakan kewajiban. Untuk menjadi pendidik yang baik, orang tua mesti menghiasi dirinya dengan keteladanan. Sebagai contoh dapat diingat semboyan "tut wuri handayani". Peran orangtua sangat penting, untuk itu perlu sikap-sikap orang tua sebagai pendidik yang sabar, lembut, dan penuh kasih sayang. Dengan berbuat demikian, diharapkan akan membentuk anak-anak yang cerdas dan berkualitas baik secara jasmani maupun rohani.

Dengan adanya keterlibatan orangtua dalam proses belajar anak, dapat diperoleh beberapa manfaat, antara lain anak memiliki sikap yang lebih positif dalam belajar. Kedua, anak lebih bersemangat untuk ke sekolah. Ketiga, anak menunjukkan prestasi belajar yang lebih baik. Terakhir, anak cenderung dapat menyelesaikan pendidikannya hingga jenjang tertinggi dan meraih pekerjaan yang memadai.


Referensi:
Armstrong, T. (2000). Setiap anak cerdas: Panduan membantu anak belajar dengan memanfaatkan multiple intelligence-nya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar